Ditargetkan Capai 75 Persen Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu 2019

Palangka Raya, Kalteng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menargetkan partisipasi masyarakat di kota setempat dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 mencapai 75 persen.

“Pada Pilkada 2018, partisipasi masyarakat mencapai 66,12 persen. Pada pemilu 2019 ini kami targetkan partisipasi masyarakat dapat meningka setidaknya mencapai 75 ?persen, sukur bisa lebih,” kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, di Palangka Raya, Rabu.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2019 yakni dengan membentuk relawan demokrasi (Relasi).

Relasi yang berjumlah 54 orang itu merupakan kepanjangtanganan KPU dalam menyosialisasikan tahapan dan proses pemilu kepada masyarakat di “Kota Cantik”.

Ke-54 Relasi itu dalam melaksanakan tugasnya dibagi dalam 10 segmen atau basis pemilih. Pertama basis pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih pemuda, pemilih perempuan dan pemilih disabilitas.

Kemudian basis pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih komunitas, pemilih keagamaan dan pemilih warganet (netizen).

Dia menambahkan, dalam melakukan sosialisasi para Relasi akan disebar di berbagai di Kota Palangka Raya yang mencakup lima kecamatan dan 30 kelurahan.

“Hal itu agar informasi dan pemahaman terhadap masyarakat terkait pemilu 2019 semakin merata. Dengan begitu diharapkan pula tingkat partisipasi masyarakat Kota Palangka Raya pada pesta demokrasi 2019 juga meningkat,” tuturnya.

Pernyataan itu diungkapkan dia disela acara pengukuhan dan bimbingan teknis relawan demokrasi pemilihan umum tahun 2019 Kota Palangka Raya.

“Yang tidak kalah penting para relawan juga harus menjaga netralitas dengan tidak memihak atau mengampanyekan salah satu peserta pemilu. Komitmen Relasi juga harus dijaga agar dapat menjalankan tugas dengan maksimal,” ujar Ngismatul.

?Berdasarkan data KPU “Kota Cantik”, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan tahap kedua mencapai 181.902 pemilih. Jumlah tersebut terdiri dari 90.404 pemilih laki-laki dan 91.498 pemilih perempuan yang tersebar di lima kecamatan atau 30 kelurahan di Kota Palangka Raya. Sehingga jumlah surat suara menjadi 185.973 usai ditambah 2 persen dari total DPT. (Ant)